Artikel ini dapat pula dibaca pada Jogja Linux Edisi 02.


Pasangan Serasi Python dan wxPython

Oleh Iwan Setiawan
http://www.duniasemu.org/writings

Perangkat lunak merupakan salah satu komponen terpenting dalam teknologi informasi yang membuat pemrosesan informasi lebih efektif dan efisien. Banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia untuk membuatnya. Masing-masing bahasa mempunyai beberapa perbedaan sintaks, tipe data yang tersedia, orientasi, dan lain-lain.

Python
Python hadir dengan kesederhanaan dan kejelasan sintaks yang menjadikan pemrograman lebih efisien. Melakukan pemrograman jadi lebih menyenangkan dan relatif mudah untuk mempelajarinya. Dengan fitur object-oriented-programming atau dikenal OOP dan portabilitas menjadi satu pilihan selain java yang sudah dikenal di lingkungan industri. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan python dari penggunaan variabel yang sederhana, sampai dengan aplikasi yang kompleks. Interpreter python dan standar pustakanya pun dapat diperoleh dengan free serta dapat pula dijadikan ekstensi bagi aplikasi yang sudah Anda buat. Masalah portabilitas dalam dunia perangkat lunak sering jadi isu utama, apakah bisa dijalankan di platform X? dan seterusnya. Python dapat dijalankan pada beberapa platform yang umum seperti GNU/Linux dan MS Windows.

wxPython
Penggunaan secara manual dengan antarmuka hitam-putih sepertinya membosankan bagi pengguna program buatan berbasis python. Untuk itu muncul toolkit dan wrapper yang tersedia untuk python, salah satunya adalah wxPython, sebuah wrapper yang diturunkan dari wxWidget (sebelumnya bernama wxWindows) yang membungkus program python dengan gui yang cantik. wxWidget sendiri sebenarnya adalah sebuah framework C++ untuk membuat aplikasi GUI yang dapat berjalan pada beberapa platform. Platform yang didukung adalah *ix, Windows, Mac. Fungsi dan kelas yang dapat digunakan dalam python semakin bertambah dari hari ke hari mulai dari dialog sampai dengan thread process.

Pasangan yang serasi
Penggunaan python dipadu dengan wxPython membuat program Anda lebih baik, back-end dengan python yang powerfull dan front-end yang keren. Mungkin yang perlu dipelajari adalah reference-manual kelas-kelas dari wxPython untuk implementasiperangkat lunak Anda. Beberapa tool untuk membuat front-end python secara cepat dan mudah pun tersedia seperti pythoncard, wxGlade, Boa Constructor, dan lain-lain. Dengan tool-tool ini membuat GUI untuk python menjadi lebih mudah dan mengasyikkan.

Jika Anda ingin portabilitas, kesederhanaan, kejelasan sintaks, fitur OOP, mungkin Anda bisa mencoba python dan salah satu pustaka GUI-nya wxPython. Selamat mencoba!

URL: python.org, wxpython.org