BIND dan DNS

Glossary BIND dan DNS

Oleh Iwan Setiawan
http://www.duniasemu.org/writings
2003/04/12 08:42:12

1. Anonymous FTP

Suatu cara atau metode untuk mendapatkan berkas dari situs FTP di jaringan atau Internet yang menyimpan berkas untuk di-download oleh publik. Untuk melakukannya anda harus login sebagai anonymous atau guest dan memasukkan alamat e-mail sebagai password.

2. Buffer

Suatu tempat yang dicadangkan pada memori dan dapat diisikan dengan data untuk sementara.

3. Buffer Overflow

Kondisi dimana data yang akan disimpan dalam buffer ukurannya lebih besar daripada buffer itu sendiri dalam memori.

4. Cache

Daerah penyimpanan sementara untuk akses secara terus menerus atau akses data yang telah diakses. Dengan adanya cache maka operasi pada komputer akan lebih cepat.

5. Caching

Proses penyimpanan data dalam cache.

6. Cracker

Seseorang yang membongkar/membobol keamanan pada suatu sistem yaitu masuk/membobol ke dalam sistem komputer orang lain dan menggunakannya tanpa ijin, melakukan tindakan yang merugikan, termasuk membongkar keamanan perangkat lunak.
Media berita biasanya menggunakan terminologi hacker untuk menggambarkan seorang cracker.
Beberapa cracker menyerang sistem kemudian membantu untuk menunjukkan pada pemiliknya lubang keamanan yang dimiliki sistemnya.

7. Cryptic

Sifat sesuatu yang njlimet, tidak jelas dan kadang membingungkan bagi orang yang tidak biasa, umumnya berhubungan dengan kode-kode.

8. Daemon

Program yang berjalan terus menerus di belakang layar dan jika diaktifkan akan memberikan layanan spesifik misal e-mail, DNS, dan lain-lain dengan menunggu pada port tertentu. Terminologi daemon biasanya terdapat pada bahasan sistem operasi UNIX dan keturunannya.

9. Firewall

Sebuah device/komputer/batas yang berfungsi menjaga dan mem-filter lalu lintas data masuk dan keluar jaringan dari pengguna yang tidak berhak untuk mengakses berkas atau layanan pada jaringan.

10. FTP (File Transfer Protocol)

Protokol yang bersifat client-server untuk bertukar data atau berkas antar komputer.

11. Hacker

Dalam lingkup sistem komputer adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan tentang detail sistem komputer, kreatif dalam pemrograman komputer, mengembangkan ilmunya dan mampu memecahkan masalah dalam sistem komputer secara cepat dan melebihi batas dari sistem itu sendiri.
Orang-orang dalam industri komputer biasanya menggunakan kata "hacking" sebagai proses untuk memecahkan masalah dalam sistem komputer.

12. Host

Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dan menyediakan data atau layanan kepada komputer lain.

13. Internet Protocol (IP)

Salah satu komponen inti dari keluarga protokol TCP/IP yang bertugas mengantarkan/melewatkan paket data, mengolah dan memancarkannya sebagai paket IP agar sampai ke tujuan.

14. Porting

Proses pemindahan/pengubahan/translate kode dari program atau sistem yang berjalan pada suatu platform/lingkungan agar dapat berjalan pada platform lain/yang diinginkan.

15. Protokol

Kumpulan aturan atau standar dalam komunikasi antar komputer sehingga antara komputer satu dengan yang lain dapat bertukar informasi dengan kesalahan yang kecil.

16. Request for Comments (RFC)

Bagian informasi prosedur untuk memperkenalkan teknologi baru dalam Internet yang bebas didistribusikan dan biasanya berisi deskripsi teknis mengenai teknologi tersebut.

17. Resolving

Proses pencarian/konversi nama host/domain-alamat IP melalui name server yang bertanggung jawab terhadap nama host/domain tersebut.

18. Router

Suatu device atau komputer yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket data dari jaringan satu ke jaringan lain dengan jalur yang tercepat atau terbaik. Router akan menentukan jalur yang mungkin ke alamat tujuan lalu mengambil jalur/rute terbaik sesuai dengan lalu lintas jaringan dan jumlah hop.

19. Routing

Proses meneruskan/melewatkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.

20. Subnet

Bagian atau segmen dari suatu jaringan. Secara umum komputer-komputer dalam satu subnet biasanya berdekatan secara fisik dan mempunyai alamat IP dengan tiga set nomor pertama sama (misal 192.168.3.x) yang mengindikasikan dalam satu jaringan.

21. Subnet mask

Nomor atau alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah sub-jaringan sehingga alamat IP dapat dibagikan ke jaringan lokal.

22. System Call

Sinyal atau call yang dihasilkan oleh perangkat lunak (sistem operasi) untuk melakukan tugas atau fungsi khusus.

23. Telnet

Emulasi terminal berbasis antarmuka baris perintah atau command line yang mengijinkan pengguna untuk log in secara remote ke komputer lain di jaringan atau Internet.

24. Vulnerability

Sifat/keadaan yang mudah untuk ditembus/diserang (keamanan).

25. Worm

Program yang berdiri sendiri, mempunyai instruksi tersendiri, dapat memperbanyak diri, mengirimkan salinan dirinya sendiri, menyebar melalui sistem dan jaringan sehingga menghabiskan sumber daya dan beberapa kerusakan.
Kebanyakkan worm tidak mempunyai efek negatif selain konsumsi sumber daya sistem dan jaringan tetapi ada beberapa yang melakukan tindakan yang merugikan, contoh: LoveLetter.VBS, Worm.ExploreZip, Nimda.

Kritik, saran, dan masukan silahkan dialamatkan ke stwn[at]duniasemu[dot]org.

Referensi