Artikel ini dapat dilihat juga pada situs KPLI Semarang.

StarOffice

Oleh : Iwan Setiawan
http://www.duniasemu.org/writings

Aplikasi Office!, Anda pernah mendengar istilah tersebut, yap!. Aplikasi Office? Lho!, Aplikasi Office adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, tapi sebenarnya nggak cuma kantor aja bisa untuk pekerjaan kampus, sekolah, dan laen-laen.

Biasanya aplikasi-aplikasi office ini berjumlah lebih dari satu yang terpaket dalam suatu Suite Office. Apa itu Suite Office? Suite Office adalah Kumpulan program-program aplikasi office yang biasanya terdiri dari aplikasi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan aplikasi tambahan laen.

Kita pasti sudah tahu tentang suite office yang bernama Ms.Office yang udah menyebar penggunaannya baik yang legal ataupun nggak legal alias bajakan (tapi sebagian besar di Indonesia makenya yang bajakan ya?...prihatin..hik..hik..8,().

Walaupun demikian, sebenarnya masih banyak Suite Office gratis dan powerfull kayak StarOffice ini yang perlu dibudidayakan (ternak ikan kali!), tentunya disini kita diharapkan dapat menerima segala kelebihan dan kekurangannya (kayak mo' pacaran aja ya).

Saya pribadi heran kenapa sih masyarakat mengatakan kalo' aplikasi office standarnya memakai Ms. Office, eh pake' Ms.word dong, eh pake Ms.Exel dong, malah ada kursusnya lagi, padahal khan suite office khan banyak, kayak Abiword, Word Perfect, ApplixWare yang komersial, SiagOffice, Koffice, StarOffice (yang akan kita bahas disini), dan laen-laen. Kayaknya masyarakat udah terbiasa dan terbuai dalam kehidupan sistem operasi win. dan semua aplikasi yang ada didalamnya.

Eh, gimana ya kalo' aplikasi standar untuk office menggunakan StarOffice, lalu dibuka kursus Koffice misalnya, khan asyik, selain pemakaiannya tidak perlu membayar lisensi, murah (definisi murah ini kayaknya hanya bisa dimengerti oleh orang yang memang membeli software secara legal deh!), stabil, juga nggak mbajak (sawah kali..) he...he...

Udah ah, yo' kita masuk ke bahasan StarOffice!.

Sebelumnya saya pengen ngasih tahu kalo' yang kita bahas disini mengacu pada StarOffice 5.2 versi Linux.

I. Pengenalan StarOffice

StarOffice adalah kumpulan aplikasi/suite office yang dikeluarkan oleh Sun Microsystem yang free alias gratis, full-featured, Ms. Office kompatibel, open standards-based, dan powerful yang mengkombinasikan fungsi pengolah kata, spreadsheet, desain grafik, presentasi, HTML editing, e-mail, news reader, scheduling, dan database dalam satu lingkungan yang terintegrasi.

StarOffice

Gambar 1. StarOffice

StarOffice menyediakan semua aplikasi yang ada pada Ms. Office, bahkan lebih lengkap dan unggul. Suite StarOffice versi Linux merupakan suite gratis untuk penggunaan non komersial sedang untuk penggunaan kommersial diperlukan lisensi.

Keuntungan:

  1. Powerfull dan Full Features.
  2. Memiliki banyak aplikasi.
  3. Integrasi aplikasi office.
  4. Kompatibel dengan Ms. Office.
    Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll. StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
  5. Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
  6. Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.

Kelemahan:
Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya.

StarOffice Desktop

Mari kita mulai dengan StarOffice Desktop, pusat dari semua yang anda lakukan di suite StarOffice. Dibagi menjadi dua tool manajemen file, folder dan aplikasi yaitu Explorer dan Beamer. Keduanya menyediakan akses ke semua program dan sumber daya sistem anda serta membuat dan mengorganisasi data anda dengan efisien dan efektif dalam satu lingkungan aplikasi.

StarOffice Desktop

Gambar 2. StarOffice Desktop

Fasilitas StarOffice Dekstop:

Aplikasi pada StarOffice yang sering digunakan:

1) StarWriter

StarWriter adalah aplikasi pengolah kata untuk membuat dokumen, laporan, skripsi, surat, newsletter, artikel, proposal, brosur, buku, dll yang mempunyai berbagai fasilitas yang dipunyai oleh Ms. Word bahkan lebih unggul.

StarWriter

Gambar 3. StarWriter

Fasilitas StarWriter:

Anda dapat memakai dokumen kompleks berisi bookmarks, OLE dan objek gambar, fields, hyperlinks, catatan, referensi, dan laen-laen di dalam StarWriter.

2) StarCalc.

StarCalc adalah Aplikasi spreadsheet untuk mengkalkulasi, menganalisa, berbagi pakai, dan secara jelas mengkomunikasikan data anda secara cepat dan mudah dengan fasilitas yang sudah ada di dalam paket spreadsheet serta tool untuk menghasilkan grafik 2D dan 3D berkualitas tinggi.

StarCalc

Gambar 4. StarCalc

Fasilitas StarCalc:

3) StarImpress

Aplikasi office untuk membuat presentasi multimedia yang efektif termasuk 2D dan 3D clipart, spesial efek animasi dan tool gambar.

StarImpress

Gambar 5. StarImpress

Fasilitas StarImpress:

4) StarDraw StarImage

Aplikasi manipulasi orientasi vektor, bitmap dan gambar yang memungkinkan anda untuk membuat ilustrasi dinamik 3D dan spesial efek.

StarDraw

Gambar 6. StarDraw

Fasilitas StarDraw dan StarImage:

5) StarMath

StarMath adalah Aplikasi untuk membuat formula khususnya matematika, MIPA, Teknik.

StarMath

Gambar 7. StarMath

Fasilitas StarMath:

6) StarChart

StarChart adalah aplikasi untuk membuat grafik baik grafik balok, kue pie, garis, area, dan kolom dengan tipe 2 dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D).

StarChart

Gambar 8. StarChart

7) StarSchedule

Aplikasi terintegrasi untuk scheduling/penjadwalan kegiatan, pekerjaan, tugas, dan proyek anda.

StarSchedule

Gambar 9. StarSchedule

Fasilitas Star Schedule:

8) StarBase

Aplikasi manajemen database yang memungkinkan anda untuk misal: menyimpan nama-nama dan alamat dalam suatu database lalu menggabungkannya ke sebuah dokumen dan menampilkan mailing label.

StarBase

Gambar 10. StarBase

Fasilitas StarBase:

9) StarMail

Aplikasi e-mail untuk berkomunikasi dengan relasi anda.

StarMail

Gambar 11. StarMail

Fasilitas StarMail:

10) StarDiscussion

Aplikasi yang memungkinkan anda untuk berpartisipasi dalam newsgroup, membaca dan posting news, memfilter dan mengurutkan pesan newsgroup secara otomatis.

StarDiscussion memiliki fasilitas seperti yang ada dalam StarMail.

Aplikasi dan Fasilitas lain yang ada pada StarOffice

Standar yang disediakan oleh StarOffice

Bahasa yang telah didukung oleh StarOffice :
Denmark, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Polandia, Portugis, Rusia, Spanyol dan Swedia.

Filter yang disediakan oleh StarOffice

II. Instalasi StarOffice

Sebelum anda benar-benar ingin menginstal StarOffice liat dulu kebutuhan sistem yang diperlukan untuk instalasi, yaitu:

Instalasi StarOffice dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Instalasi versi pengguna biasa.
    Tahap-tahap instalasi StarOffice versi pengguna biasa:
    1. Download file instalasi StarOffice dari http://www.sun.com atau anda dapat memperolehnya dalam bentuk CD di kios-kios CD terdekat maupun di internet (online).
    2. Buka file hasil download kalo masih dalam bentuk paket tar, tar.gz, dll (Saya mendapatkannya dalam bentuk file setup siap saji!).
    3. Setelah paket dibuka, instal dengan menjalankan program instalasi (file instalasi saya bernama setup) dalam lingkungan X pada direktori home anda. Jika anda masih berada di shell prompt mode teks, aplikasi setup tidak akan bisa jalan karena aplikasi tidak dapat menemukan X Server. Jadi, gunakan xterm pada lingkungan X.

      $./setup
      glibc version: 2.1.3
      
    4. Setup akan mendeteksi glibc lalu akan menghubungkan ke X server.
    5. Muncul window selamat datang dari StarOffice.
    6. Ikuti prosedur dan langkah-langkah instalasi dengan dengan baik.
    7. StarOffice akan terinstal dengan sukses.
  2. Instalasi versi server (root)
    Tahap-tahap instalasi StarOffice versi server:
    1. Download file instalasi StarOffice dari http://www.sun.com atau anda dapat mendapatkannya dalam bentuk CD di kios-kios CD terdekat maupun di internet (online).
    2. Buka file hasil download kalo masih dalam bentuk paket tar, tar.gz, dll (Saya mendapatkannya dalam bentuk file setup siap saji!).
    3. Setelah paket dibuka, instal dengan menjalankan program instalasi (file instalasi saya bernama setup) dengan option /n dalam lingkungan X. Jika anda masih berada di shell prompt mode teks, aplikasi setup tidak akan bisa jalan karena aplikasi tidak dapat menemukan X Server. Jadi, gunakan xterm pada lingkungan X.

      #./setup /n
      glibc version: 2.1.3
      
    4. Setup akan mendeteksi glibc lalu akan menghubungkan ke X server.
    5. Muncul window selamat datang dari StarOffice.
    6. Ikuti prosedur dan langkah-langkah instalasi dengan baik.
    7. Untuk direktori instalasi pilihlah direktori yang dapat diakses oleh pengguna anda, misal direktori /opt/staroffice, jika anda menggunakan direktori /root anda maka yang bisa mengakses program hasil instalasi hanya anda sebagai root.
    8. StarOffice akan terinstal dengan sukses.
    9. Untuk instalasi workstation pengguna di jaringan anda, pengguna tinggal menjalankan file bernama setup yang terdapat pada direktori program dibawah direktori instalasi versi server sebelumnya, contoh di atas pada direktori /opt/staroffice/ dengan menjalankan file bernama setup pada direktori program di bawah direktori staroffice.

      $cd /opt/staroffice/program/
      $./setup
      
    10. Lalu muncul window selamat datang dari StarOffice.

      Awal Instalasi StarOffice

      Gambar 12. Awal Instalasi StarOffice

    11. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik.

      Proses Instalasi StarOffice

      Gambar 13. Proses Instalasi StarOffice

    12. Klien StarOffice untuk pengguna terinstal dengan sukses.

      Instalasi StarOffice Selesai

      Gambar 14. Instalasi StarOffice Selesai

Catatan:

III. Bekerja dengan StarOffice

Kita sudah menginstal dengan sukses StarOffice baik versi pengguna biasa ataupun versi server, kini marilah kita coba untuk menjalankannya. Kita dapat menjalankannya dengan menjalankan file symlink bernama soffice pada direktori instalasi StarOffice atau eksekusi secara langsung file yang di-symlink bernama soffice pada direktori program dibawah direktori instalasi StarOffice.
Contoh:

$cd staroffice
$./soffice

atau

$staroffice/soffice

atau

$/opt/staroffice/program/soffice
dll (banyak jalan menuju rumah!, paling enak anda buat skrip shell aja).

Setelah anda menjalankan soffice (baik file symlink atau aslinya), anda tinggal menunggu kemunculan splash screen dan jendela StarOffice (sekitar 20 detik pada komputer saya 8(, ini merupakan kelemahan StarOffice tapi tak menjadi soal bagi saya).

Anda akan disodori fasilitas-fasilitas StarOffice yang oke, Selamat bekerja.

Catatan:
Untuk mengubah atau memodifikasi instalasi StarOffice kita dapat menjalankan file symlink bernama setup pada direktori instalasi StarOffice atau eksekusi secara langsung file yang di-symlink bernama setup pada direktori program dibawah direktori instalasi StarOffice.
Contoh:

$staroffice/setup

IV. Penutup

Aplikasi Office sangat esensial bagi karyawan-karyawan, siswa, mahasiswa, dan masyarakat yaitu untuk mengerjakan pekerjaan kantor, sekolah, kuliah, dll. Seyogyanya kita mempunyai suite office yang powerfull, murah dan legal tentunya agar kita dapat dengan aman, damai, dan sentosa mengerjakan berbagai pekerjaan yang bertumpuk di tempat kita belajar atau bekerja tanpa adanya gangguan masalah lisensi, virus, crash, dan berbagai macam masalah lain. Saya berharap semoga artikel ini berguna dan terakhir saya hanya manusia biasa yang selalu punya kesalahan maka dari itu saya siap menerima berbagai macam kritik dan saran.

V. Referensi

http://www.sun.com/staroffice