Artikel ini dapat pula dibaca pada Jogja Linux Edisi 01.


Bebas Bukan Gratis

Oleh Iwan Setiawan
http://www.duniasemu.org/writings

Artikel ini akan membahas tentang istilah 'free' filosofi proyek GNU dan GNU General Public License (GNU GPL), lisensi rilis dari kernel Linux dan sebagian besar perangkat lunak yang ada di dalamnya. GNU GPL merupakan hak cipta Free Software Foundation Inc (FSF), sebuah yayasan yang bertujuan mensosialisasikan hak dan kebebasan para pengguna komputer untuk menggunakan, mempelajari, menyalin, mengubah, mendistribusikan ulang dan mengembangkan perangkat lunak.

Freedom Not Price
Sebagian besar orang mengasumsikan 'free' adalah gratis, khususnya yang baru mengenal dunia GNU/Linux dan open-source. Free bukan gratis. Free berarti bebas (freedom not price), atau 'free as freedom' menurut Richard M Stallman, pemrakarsa proyek GNU dan pendiri FSF. Ketika mendapatkan perangkat lunak atau hasil kerja yang dirilis dengan GNU GPL, kita diberikan kebebasan untuk menggunakan, melihat source-code, menyalin, mengubah, dan mendistribusikannya kepada orang lain. Hak cipta perangkat lunak tersebut tetap pada penulis program. Selain bebas untuk mendapatkan atau mendistribusikan, kita dapat pula mengambil untung dari program GPL baik untuk transfer salinan, garansi pertukaran, pemberian layanan, dan lain-lain, selama tidak menyalahi isi dari GNU GPL.

Not Reinventing The Wheel
Anda bebas menjadikan program ber-GPL sebagai basis pengembangan atau mengadopsi beberapa bagian dari source code-nya tanpa harus memulai dari awal. Rilis program Anda tersebut nantinya harus di bawah GNU GPL juga, jadi orang lain dapat memperoleh hak dan kebebasan yang Anda peroleh termasuk lisensi, source code, copyright notice, disclaimer of warranty, dan informasi yang ada di dalam paket program tersebut. Begitu pula jika Anda memperoleh program GPL dalam bentuk object code atau executable. Tanpa harus melakukan persetujuan, jika Anda memodifikasi dan mendistribusikan program di bawah GNU GPL, berarti Anda sudah setuju dengan lisensi tersebut. Dengan merilis hasil kerja di bawah GNU GPL maka kita ikut melakukan sharing hak dan kebebasan serta ilmu pengetahuan kepada publik.

Memberitahukan Lisensi
Hal yang sering dilupakan banyak orang ketika memberikan atau mendistribusikan perangkat lunak kepada orang lain adalah memberitahukan lisensinya dan memberikan pernyataan bahwa tidak ada jaminan untuk penggunaan perangkat lunak bebas tersebut. Walaupun begitu, komunitas GNU/Linux dan Open Source akan siap membantu Anda jika mendapat masalah, tentunya dengan cara yang tepat dalam meminta bantuan. Beberapa perusahaan pun siap memberikan dukungan jika Anda mau untuk sedikit mengeluarkan dana.

Free dalam arti bebas memberikan filosofi yang utuh mengenai dunia Linux dan open source, kebebasan yang terkendali dengan berbagi hak dan kebebasan yang kita terima dengan orang lain.

URL: gnu.org, opensource.org

Referensi: GNU General Public License